Tipe Pecontek Saat Ulangan


Ulangan bukanlah suatu hal yang asing bagi setiap umat pelajar. Ulangan merupakan momok menakutkan yang terjadi di setiap bulan atau pada pertengahan dan akhir semester.


Menurut gue, sekarang ini ulangan bukan lagi merupakan suatu tes untuk mengukur sejauh mana kemampuan sang pelajar dalam menyerap atau memahami materi-materi pelajaran yang diberikan sebelumnya. Namun, saat ini ulangan mendadak menjadi jalan hitam yang menyesatkan semua umat pelajar. Banyak pelajar berlomba-lomba mendapatkan jawaban benar dengan cara yang tidak halal, seperti membeli kunci jawaban yang belum pasti akurat sebelum ujian digelar, dan hal yang paling sering banget gue lakukan, yaitu nyontek! Menyontek kini menjadi jalan keluar yang paling sering sekali dilalui pelajar untuk meraih nilai bagus sehingga nilai KKM terlampaui. Pelajar senang, orang tua pun bangga.

Di postingan kali ini gue akan membahas tipe-tipe pecontek yang telah gue survey dan analisa.

1. Tukang Tanya
Tri        : “ Bro, nomor satu! “
Dedy   : “ C. “
Tri        : “ Bro, 6 sama 7! “
Dedy   : “ Belum, cuk! “
Tri        : “ 8,9,10??! “
Dedy   : “ BAB. “
Tri        : “ 15??? “
*Dedy buru-buru mengambil golok dari laci mejanya*

Pecontek tipe ini sama dengan sifat orang kepo. Demen banget nanya-nanya terus! Gue jengkel banget kalau duduk di sekitar tipe orang ini. Gue baru ngerjain setengah soal, bisa aja dia sudah selesai. Iya, nyonteknya kuat banget!

2.      Tipe Frontal
Pecontek tipe ini mungkin udah ga punya rasa takut dan rasa malu lagi. Ada atau ga ada guru, duduk di depan, tengah, atau di belakang, tipe pecontek ini selalu bergairah dalam mencari jawaban.



3.      Tipe Curi Start
*Bel tanda ulangan dimulai*
Tri        : “ Nomor 1 apa jawabannya? “
Dedy   : “ Belum….. ‘
Tri        : “ 5apa? “
Dedy   : “ Belum, cuk….! “
Tri        : “ Kalo 6?? “
Dedy   : “ Bangcyaaaatdhhh!!! Baca soalnya aja belum! “

Gue sering banget mengalami dialog kayak di atas itu.
Gue baru aja nyiapin alat tulis, temen gue udah nanya aja. Gue lagi ngeraut, dia nanya lagi. Giliran gue baca soal dan ga tau jawabannya, gue nanya ke dia, eh dia pura-pura budek. *ngasah golok*

4.      Tipe Pelit
Sejak kecil gue diajarkan untuk terbiasa berbuat ikhlas dan saling berbagi. Walhasil, sampai sekarang gue selalu menerapakan ajaran itu dalam kehidupan. Sebagai contohnya ketika ditanya teman saat ulangan, gue memberikan jawaban dengan ikhlas.

Yang menjengkelkan, ketika gue tanya balik temen gue, doi ga ngasih tau. Gue khawatir do’i sudah terpengaruh oleh kebiasaan orang Ch*na, Taci! (re: pelit)

5.       Tipe Pura-pura Ga Denger
Tri        : “ Bro, nomor 8! “
Dedy   : “ E! “
Tri        : “ Sip! “
Dedy   : “ Tri, 69 apa?? “
Tri        : “ *pura-pura ga denger* “
Dedy   : “ Shhhht, woy, Tri nomor 69??? “
Tri        : “ *masih pura-pura ga denger* “
Dedy   : “ (lempar penghapus) Tri, 69???!!! “
Tri        : “ *masih pura-pura ga denger* “
Dedy   : “ *ngasah golok* “

Untuk kaum tipe orang seperti ini, SEMOGA KALIAN GA BENER-BENER BUDEK!

6.      Tipe Pencari Info
Pecontek tipe ini beraksi sebelum ulangan.
Ia mencari info soal-soal atau jawaban yang bakal keluar di ulangan dari teman-temannya. Beruntung kalau soalnya sama, lah kalau soalnya beda, paling dia kesulitan dan ujung-ujungnya kena…….remed.

7.      Tipe Cyber Cheating
Pecontek tipe ini beraksi di dunia maya.
Hal-hal yang perlu disiapkan untuk menjadi pecontek tipe ini cukup simple, yaitu gadget, kuota, aplikasi chatting (Line, Whatsapp, dsb.), dan juga teman. Langkah-langkahnya juga sangat simple, tinggal pasang kuota, join di grup yang suka menebar jawaban, dan tinggal nanya.

8.     Tipe Sembunyi-sembunyi




Ada tipe frontal, ada pula tipe sembunyi-sembunyi.

9.     Tipe Gagal
Dari rumah sudah nyiapin contekan, tau-tau pengawasnya killer. Ga jadi nyontek, ujung-ujungnya…….remed.



Itu aja tipe pecontek yang berhasil gue survey, kalau kalian pernah nemuin tipe lain, cantumkan di comment box ya!




Sumber gambar :

http://1cak.com/428327
http://mamahpunyacerita.blogspot.com/2012/05/kecanduan-wew_02.html
http://www.keepcalm-o-matic.co.uk/p/bikin-contekan-tapi-gak-bisa-nyontek/
http://malesbanget.com/2011/04/5-tipe-pencontek-saat-ujian/
http://bl0gnya-blogger.blogspot.com/2011/05/tips-gokil-saat-ketahuan-nyontek.html
Jangan cuman dibaca aja, sekali-kali kasih komentar dong biar ada masukkan atau apalah biar blog ini berkembang...