Habis Ulangan Terbitlah Remed


Seperti biasanya, di pertengahan bulan Desember pasti sekolah gue sudah selesai mengadakan salah satu cobaan terberat dalam kehidupan para abg pelajar.

Jadi, beberapa hari lalu sekolah gue baru aja selesai ‘Perang Dunia ke-4’ (re: semesteran). Berhasil mengakhiri hal kampret itu membuat diri gue lega, selega-leganya orang yang habis buang hajat, setelah menahannya selama setahun.

Jauh sebelum semesteran, gue udah mempersiapkan beberapa plan ‘seru’ yang akan gue lakukan sehabis masa semesteran selesai.

Rencana ke-1: Keliling Kota Balikpapan untuk explore spot-spot bagus bareng Shopie, motor matic kesayangan gue.

Rencana ke-2: Belajar main skimboard bareng anak gaul Kota Balikpapan

Rencana ket-3: Traveling bareng sobat gue.

Rencana ke-4: Tidur-makan-tidur-makan di rumah sampai wajah gue berubah mirip Luhan om-om Korea yang ganteng itu.

Tapi, gue harus mengubur semua plan itu
, semenjak gue tau kalo gue kena banyak remed. Lagi-lagi seperti biasanya, ekspektasi emang kadang ga semanis dengan realita yang akan terjadi.

Gue ga habis pikir, kemarin padahal sudah belajar banyak, belajar serius, sudah ga ngerpe, yakin kalo nilai bakal bagus. Tapi tetep aja kena remed. Kalo tau bakal kayak gini mending dari awal ga usah belajar.

Memang kok ya, ‘Ekspektasi ga semanis realita yang bakal terjadi’.

Gue adalah anak ipa-ipaan IPA, tapi ga tau kenapa hampir semua mata pelajaran yang menyangkut jurusan itu malah kena remed. Biologi kena remed, Kimia yang gampangnya gitu juga remed, Fisika? Ga usah ditanya! Remed juga gue.

Dari semua remed yang gue dapet, remed Kimia adalah mimpi buruk bagi gue. Sumpah alay banget bahasanya. Jadi, guru Kimia gue menetapkan bahwa yang kena remed harus bikin soal sesuai indikator soal saat ulangan semesteran.Jumlah soal ditentukan dari nilai yang didapat.

Jumlah soal yang dibuat = (KKM (75) – Nilai yang didapat) X 5

Jadi untuk contoh aja ya, misalnya temen gue Chika dapat nilai 32,5 itu berarti dia harus buat soal sebanyak 213. Sesuai rumus di atas lah.

Jumlah soal yang dibuat = (75-32,5) X 5 = 212,5. Dibulatin jadi 213 soal.

Kemarin, gue dapet nilai 37,5, dan gue harus buat 188 soal kimia + pembahasan diketik di Ms.Word. Awalnya ini terasa berat banget, tapi karena gue dan temen-temen seperemedan punya kesolidaritasan yang cukup tinggi, jadi remed ini selesai dengan mudah.  Ya, kita cukup saling barter soal. Gue yang cuman modal 7 soal, bisa dapat 200 soal. Luar biasa bukan? #Lebay

Sekolah itu jangan terlalu serius, carilah teman sebanyak-banyaknya untuk seru-seruan. Oiya, cari teman itu yang baik, selain buat seru-seruan bareng kan bisa juga ntar buat ngebantu lo pas remed.

Bagi anak IPA seperti gue, hal remed adalah hal biasa dan malahan sudah menjadi rutinitas. Kalo lo jarang remed, itu berarti hidup lo di masa SMA kurang berwarna. Lo juga ga akan tau gimana rasa perjuangan sesama teman dalam menyelesaikan remed bersama-sama. Remed itu bisa meningkatkan kesolidaritasan sesama teman seperemedan.

Remed juga bisa jadi wadah PDKT. Misalnya, lo kena remed fisikampret sedangkan doi ga kena. Nah di sini lo bisa sok-sokan minta bantu ngerjain remed lo. Semakin lo sering remed semakin besar pula peluang lo untuk bisa lebih dekat dengan doi. Jadi, jangan pernah bosan untuk remedial!

Selain dapat meningkatkan kesolidaritasan sesama teman seperemedan dan juga wadah PDKT, ternyata setelah gue mengadakan riset, remed ternyata dapat dijadikan wadah sebagai penghasil uang.

“...lho fan, kenapa bisa gitu? Kok bisa remed jadi penghasil uang?”

Jadi gini, lo bisa manfaatin masa-masa remed untuk mendapat pundi-pundi uang dengan cara menawarkan jasa pengerjaan tugas remed kepada temen-temen lo yang pada kena remed.

Lo bisa pasang tarif...

20rb untuk 1 mata pelajaran remed.
35 rb untuk 2 mata pelajaran remed.

Lo juga bisa pasang tarif lebih sesuai cepat-lambatnya tugas remed diselesaikan

Lo bisa minta tambahan 25rb untuk pengerjaan remed dalam waktu sejam.
Setiap kelipatan sejam, ongkos tambahan lo kurangi seribu aja.

Lumayan lho, kalo sehari lo dapat kerjaan nyelesaiin 1 remed dalam 1 jam dari orderan 5 orang aja lo udah bisa dapat 225rb. Kayaknya gue lebih cocok jadi anak IPS ya, iya, otak bisnis gue lancar banget.
Nah, gimana? Berminat menjadi joki remed?

Banyak orang bilang masa SMA adalah masa-masa yang paling indah, dan ga sedikit juga orang yang ga setuju sama quote itu. Gue setuju kalo masa SMA adalah masa yang paling indah meski cuman terjadi selama 3 tahun seumur hidup lo (kalo lo naik kelas terus).

Mungkin orang-orang yang ga setuju masa-masa SMA adalah masa paling indah itu karena mereka  ke sekolah hanya untuk datang-duduk-pulang-datang-duduk-pulang sampe lulus. Ga ada saat-saat untuk jail dan kumpul bareng teman, ga ada rasain kisah kasih masa SMA. Kalo lo kayak gitu, bener deh masa SMA lo garink banget.

Lo mungkin ga pernah sadar kalo hal kecil seperti remed itu bisa menjadi hal terindah yang bakal lo kangenin di masa tua lo nanti.

Jadi, buat kalian yang beranggapan remed itu beban yang membuat kesenangan lo terganggu, itu salah besar! Sangat salah besar! Remed dapat menjadi hal indah bila kita lalui bersama teman, bersama sahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan cuman dibaca aja, sekali-kali kasih komentar dong biar ada masukkan atau apalah biar blog ini berkembang...